Pages

Social Icons

Rabu, 02 Oktober 2013

Bill Gates Didesak Mundur dari Microsoft

 Bill Gates Didesak Mundur dari Microsoft


Microsoft saat ini sedang sibuk mencari CEO baru untuk menggantikan Steve Ballmer yang akan mundur dari perusahaan yang ia dirikan 38 tahun lalu itu. Di tengah pencarian itu, sejumlah pemegang saham mendesak dewan agar menyuruh Bill Gates mundur dari Microsoft.
Menurut laporan Reuters, Rabu (2/10/2013), tiga dari 20 investor Microsoft mendesak agar Bill Gates mundur dari jabatannya sebagai chairman. Mereka menilai Microsoft tidak akan dapat membuat perubahan besar hanya dengan mengganti CEO.

Tiga investor yang sengaja ditutupi identitasnya itu khawatir kehadiran Gates justru akan menghalangi penerapan strategi baru perusahaan dan membatasi kekuasaan CEO baru untuk membuat perubahan yang substansial.
Beberapa investor berpendapat bahwa Steve Ballmer selama ini menghabiskan lebih dari satu dekade jabatannya di bawah bayang-bayang Gates.
Saat ini Microsoft memang telah membentuk sebuah komite khusus untuk mencari kandidat potensial pengganti Ballmer. Nama Gates diusulkan sebagai kandidat pengganti Ballmer. Selain Gates, Stephen Elop -- mantan eksekutif Microsoft yang bergabung kembali dengan perusahaan setelah mengakuisisi divisi handset Nokia, dan CEO Ford Alan Mulally juga muncul sebagai kandidat.
Tiga investor yang mendesak Gates mundur diketahui memegang sekitar 5% dari saham Microsoft. Sebagai perbandingan, saat ini Bill Gates memiliki 4,5 persen saham Microsoft. Sebelumnya Gates pernah menguasai 49 persen saham Microsoft ketika perusahaan itu pertama kali go public.
Analis senior di Fort Pitt Capital Group, Kim Caughey Forrest menyarankan sekarang bukan waktunya bagi Microsoft untuk menggeser Gates. Gates justru dinilai bisa memainkan peran yang lebih besar.
Microsoft saat ini masih merupakan salah satu perusahaan teknologi paling berharga di dunia, dengan laba bersih sebesar $ 22 miliar pada tahun fiskal terakhir. Namun sistem operasi Windows yang menjadi core bisnis Microsoft makin terjerembab karena adopsi komputer menurun dan konsumen banyak beralih ke smartphone dan tablet.
Salah seorang investor mengatakan Gates adalah salah satu pelopor industri teknologi terbesar, tetapi investor merasa dia lebih efektif sebagai CEO daripada sebagai chairman. (dew)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FC Barcelona